Perjalanan pulang bersama teman sekelas training CSEP membawa banyak insight bagi saya. Obrolan ringan seputar kegiatan menulis dan interest ternyata memiliki makna yang mendalam dan sangat filosofis.
Teman saya ini adalah seorang penulis yang bisa menghasilkan uang dari hobby-nya tersebut. Mulai dari buku, hingga menulis makalah freelance. Menulis 40 halaman adalah pekerjaan ringan baginya.
kuncinya ternyata adalah tahu apa yang akan kita tulis. “Tahu” ini saya maknai sebagai “menguasai”. Dengan teknologi internet, kita dapat mennguasai ilmu apapun dengan mudah. Apapun dapat kita tulis dengan mudah dengan “riset” kecil tentang hal atau topik yang akan kita tulis tersebut.

Pembicaraan pun beralih ke point of interest. Teman saya tersebut saat ini bekerja di bagian GCG. Ternyata beliau sudah mempelajarinya sejak tahun 1997, dan cukup master hingga diundang di berbagai seminar untuk berbicara mengenai GCG. Berbagai buku tentang GCG sudah diterbitkan. Beliau sangat fokus pada pekerjaannya dan menjadi master di dalamnya. Sementara saat ini saya masih memiliki banyak point of interest, dan “bingung” mau menguasai yang mana, apakah tetap di bidang strategic management seperti pekerjaan saya saat ini, atau kembali ke bidang marketing seperti ketika dahulu kala.
Untuk hal ini teman saya berpesan agar saya cukup memilih salah satu point of interest, kemudian fokus dan konsisten untuk mempelajarinya setiap hari. Jika kita konsisten, walaupun sedikit demi sedikit, kita dijamin akan menjadi master di bidang yang kita pilih. ilustrasinuya adalah, cukup membaca satu halaman tentang marketing setiap hari, maka di tahun depan dijamin kita akan master dibandingkan dengan orang yang tidak membaca sama sekali. Selain itu, kuncinya adalah agar kita selalu berupaya berada di atas rata2 akan penguasaan bidang yang kita minati tersebut.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Iklan